contoh Pidato IPTEK


IPTEK
Selamat pagi dan salam sejahtera !
Yang terhormat kepala sekolah ,guru guru beserta staff. Dan yang saya cintai teman temanku.Pertama tama,marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadiran Allah SWT karena atas rahmat –Nya kita dapat mengikuti acara di pagi yang cerah ini.
Para hadirin yang terhormat dan saya cintai !
Pada kesempatan ini ,saya akan menyampaikan tentang penting nya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Mengapa hal ini saya ungkapkan? Karena pada zaman modern ini ilmu iptek sangat lah penting dan berkembang terus menerus.
Perlu anda ketahui, kita berada dalam kehidupan yang terus berubah dengan cepat, kemajuan ipteks terutama, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Menyebabkan persaingan antarbangsa begitu ketat dalam era globalisasi saat ini. Untuk menghadapi hal itu, tidak ada jalan lain harus kita lakukan kecuali meningkatkan kemampuan, kemandirian, dan daya saing bangsa Indonesia melalui pendidikan untuk semua yang bermutu.
Para hadirin sekalian..
Sebagai contoh bangsa Jepang menjadi bangsa yang maju karena mereka menyadari arti pentingnya IPTEK. Berbagai industri berkembang pesat di jepang. Mulai dari perkapalan, permesinan, elektronika, semuanya berkembang pesat dan semakin maju. Walapun jepang akhirnya terpuruk pada saat perang dunia dengan dijatuhkannya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, namun keterpurukan tersebut tak selang lama bangkit kembali karena kegigihan masyarakatnya yang ulet. 
Kita sebagai bangsa yang mempunyai keinginan untuk maju, juga harus menyadari betapa pentingnya ilmu pengetahuan untuk memperoleh kemajuan tersebut. Mulai sekarang kita harus bangun dari terlelapnya mimpi yang berkepanjangan ini. Bangkit dan bergerak maju demi kehidupan bangsa yang kita harapkan sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang telah maju terlebih dahulu. Meskipun bukan penganut agama Islam, bangsa Jepang adalah salah satu bangsa yang telah menerapkan prinsip hidup secara islami. Mereka belajar dan bekerja secara islami. Bangsa jepang merupakan bangsa yang menerapkan disiplin tinggi pada setiap kehidupan masyarakatnya. Disiplin yang tinggi dan tekun adalah prinsip kehidupan islami.
Indonesia adalah negara yang besar. Besar penduduknya, luas wilayahnya, dan kaya akan hasil alamnya. Kita harus malu pada bangsa eropa yang kecil dengan kekayaan alam yang amat sedikit tapi mereka bisa maju. Luasnya wilayah Indonesia serta kekayaannya yang lebih melimpah dari jepang yang kecil akan tetapi jepang berhasil mengusai teknologi hingga bisa sejajar dengan bangsa eropa.
Seandainya ilmu pengetahuan Indonesia lebih maju, takkan berani malaysia dan singapura mengambil wilayah kita. Takkan berani nelayan-nelayan asing mengeruk kekayaan laut kita. Dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, takkan guna Freeport di Indonesia. Karena minimnya IPTEK, kekayaan kita dikelola asing dan mengeruknya untuk memperkaya negara mereka. Karena minimnya IPTEK kedaulatan negara ini di campur tangan asing.
Sebagai contoh Papua adalah salah satu pulau terkaya. Tambang emasnya nomor satu di dunia. Karena kurangnya penguasaan IPTEK, dengan relanya kita menyerahkan tambang itu kepada amerika. Pekerja kita hanya pekerja kasar disana karena memang amerika yang menguasai IPTEK. Kita hanya dapat segelintir saja dari kekayaan tambang Papua. Pun rakyat Papua berontak karena kekayaan bumi mereka tidak dapat mereka nikmati sendiri.
Marilah bersama-sama kita bangun bangsa ini dengan kegigihan, ketekunan, kerja keras dan kejujuran. Kuasai ilmu pengetahuan agar kita mulia. Kuasai IPTEK demi kemajuan bangsa ini.Kita harus yakin suatu saat kita bisa menjadi bangsa yang besar dan maju bahkan menjadi bangsa superpower. Ada sebuah petuah bahwa “kalau ingin menguasai dunia, maka kuasailah ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) ”.
Demikian pidato dari saya , mohon maaf bila ada kata kata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian. Assalamualaikum WR.WB

Bangkitlah Indonesia! Bangkitlah IPTEK Indonesia!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment